Sebagai lembaga pendidikan yang bertumpu kepada Islam, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) berupaya mengembangkan ilmu agama, pengetahuan, teknologi, dan seni sebagai pusat kegiatan. Seperti yang disampaikan oleh Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, UMY memiliki kredo Unggul dan Islami yang diharapkan mampu meluluskan mahasiswa dengan memiliki skill tanpa mengesampingkan ke Islaman.

“Kampus kita punya kredo unggul dan Islami agar lulusannya bukan hanya unggul dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, namun tetap berlandaskan Islam. Jangan sekali kali anda mengatakan saya Islam, tapi tunjukkan bahwa anda Islam. Sehingga tidak ada lagi Islam yang paranoid melihat saudara-saudara kita memperjuangkan izzul Islam,” tegasnya saat memberi sambutan wisuda vokasi, sarjana, dan pascasarjana, periode II tahun akademik 2016/ 2017, Sabtu (11/2) di Sportorium UMY.

Dr. Gunawan berharap kepada 943 wisudawan agar mampu bersaing dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dari bekal pada masa studi. “Selama kuliah dengan diajarkan knowledge, hard skill, dan soft skill, diharapkan kalian bisa bersaing dengan MEA. Saya yakin, saat ini saya sedang berada di depan calon-calon pemimpin bangsa. Saya merasa kecil di sini melihat perjuangan anda hingga menjadi sarjana. Motivasi itu menunjukkan power yang besar bahwa kalian putra putri terbaik,” harapnya.

Pada pelepasan wisuda periode ini, UMY memberikan apresiasi kepada mahasiswa berprestasi tingkat sarjana maupun pascasarjana. Adapun wisudawan terbaik pertama diraih oleh Atika prodi Akuntansi dengan IPK 3.99. wisudawan terbaik kedua diraih oleh Sevi Oktafiana Fortunika dari prodi Agribisnis dengan IPK 3.98. Wisudawan terbaik pascasarjana S2 diraih oleh Aliqa Citra Septiani dari Magister Manajemen Rumah Sakit dengan IPK 3.95. Sementara dari prodi Teknik Informatika memberikan penghargaan khusus kepada Ayu Pebriani dengan memperoleh IPK 3.86.

Penghargaan yang diberikan oleh Prodi TI tersebut sebagai bentuk apresiasi Ayu Pebriani yang telah berhasil memperoleh pekerjaan sebelum wisuda pada perusahaan IT ICON Plus di Jakarta dengan gaji pertama di atas 5 juta rupiah. Penghargaan khusus tersebut akan rutin diberikan dari TI sebagai bentuk apresiasi dan motivasi mahasiswa teknik informatika. (hv)