Pascasarjana UMY Gelar Pelatihan Jurnalistik

Januari 12, 2019 oleh : admin

Dalam rangka meningkatkan kualitas berita yang dipublikasikan ke masyarakat, Program Pascasarjana UMY menggelar pelatihan jurnalistik bagi para staf akademik. Kegiatan ini dilaksanakan di Ruang Sidang Direktur Pascasarjana UMY Gedung Kasman Singodimejo, Sabtu (12/1).  Pelatihan tersebut menghadirkan narasumber dari Biro Humas dan Protokol UMY dan diikuti oleh 18 orang perwakilan dari tiap Program Studi.

Kepala Tata Usaha Pascasarjana, Tohirin, dalam sambutannya menyatakan bahwa  pelatihan jurnalistik dilakukan untuk memberi bekal kepada para staf admin website tiap prodi supaya memiliki skil yang baik dalam membuat berita.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, para peserta diharapkan dapat mengetahui teknik dan tatacara penulisan berita yang baik supaya kualitas pemberitaan pada website pasca dapat meningkat kualitasnya. Sehingga dapat meningkat branding pascasarjana UMY di masyarakat”, jelas Tohirin.

Dalam pelatihan jurnalistik ini,  Sakinatudh Dhuhuriyah, S.Kom.I. selaku pemateri menyampaikan pengetahuan singkat seputar tata cara pembuatan release berita yang baik dan benar. “Pada umumnya, sebuah berita yang baik harus mengandung unsur 5W+1H (What, When, Where, Who, Why dan How). Berita juga harus faktual dan rasional sesuai dengan nalar akal sehat. Selain itu, pembuatan judul dan isi dari berita harus bisa menarik minat si pembaca,” terang Sakinah.

Selain mendengarkan  materi, dalam kegiatan tersebut peserta juga diajak praktik langsung untuk belajar menulis berita. (Evan/PPI)