Jum’at (28/7/2017) Program Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan Yudisium periode III Tahun Akademik 2016/2017  bertempat di Ruang Seminar Lantai 4 Gedung Pascasarjana kampus terpadu UMY. Pelaksanaan Yudisium dipimpin oleh Direktur Program Pascasarjana UMY Sri Atmaja P. Rosidi, S.T., M.Sc. M.Eng., Ph.D., P.Eng dan dihadiri oleh Semua Kaprodi di lingkungan Pascasarjana UMY.

Pada Yudisium Periode III Tahun Akademik 2016/2017 ini diikuti oleh 109 orang Calon Wisudawan dengan rincian Magister Studi Islam 9 orang, Magister Manajemen 10 orang, Magister Manajemen Rumah Sakit 52 orang, Magister Ilmu Pemerintahan 8 orang, Magister Keperawatan 18 orang, Magister Ilmu Hubungan Internasional 6, Magister Ilmu Hukum 1 orang,  Doktor Psikologi Pendidikan Islam 4 orang dan Doktor Politik Islam 1 orang. Lulusan terbaik untuk  jenjang S2 diraih oleh Rama Tri Yustoro dari program studi Magister Manajemen Rumah Sakit dengan IPK 4,00. Sedangkan jenjang S3 diraih oleh Dr. Imron dari Program Studi Doktor Psikologi Pendidikan Islam dengan IPK 3,88.

Direktur Pascasarjana, Sri Atmaja P. Rosidi, S.T., M.Sc. M.Eng., Ph.D., P.Eng dalam pidatonya mengungkapkan bahwa Program pascasarjana harus menjadi center of excellence bagi sebuah perguruan tinggi. Hal tersebut bisa tercermin pada alumni Pascasarjana yang memenuhi standar akademik yang ditentukan.

“Program Pascasarjana dituntut untuk menjadi center of excellence, dimana lulusan Pascasarjana harus memenuhi standar akademik yang ditentukan. Misalnya untuk mahasiswa Doktor harus memiliki publikasi yang terindeks scopus dan untuk Magister harus jurnal Internasional. Tujuannya agar disertasi dan tesis yang dihasilkan di pasca berkontribusi kepada umat dan secara khusus kepada persyarikatan. Dalam hal ini karya mahasiswa harus fokus pada hal yang bisa memberikan kontribusi, bukan hanya sekedar memenuhi kredit dan kewajiban akademik” ujar Sri.

Sri menyampaikan selamat dan bangga kepada para lulusan pascasarjana UMY. “Kami ucapkan selamat kepada rekan-rekan yudisium pascasarjana yang telah berhasil menyelesaikan seluruh proses pendidikan dengan prestasi yang sangat baik,” ujarnya.

Sri juga mengungkapkan harapannya agar para lulusan setelah lulus dapat menjaga nama baik almamater serta nama baik persyarikatan dengan aktif di KAUMY Komisariat Pascasarjana yang awal bulan Juli lalu baru saja terbentuk. “Saya berharap bagi lulusan Pascasarjana UMY untuk tidak hanya bekerja bagi kepentingan dirinya sendiri, namun juga bekerja dan bermanfaat untuk lingkungan dan masyarakat. Caranya dengan aktif membangun organisasi alumni KAUMY Komisariat Pascasarjana yg kita bentuk sebagai wadah untuk alumni mengharumkan nama UMY di Masyarakat,” tutup Sri.  (Evan/PPI)