Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (S3 PPI UMY) mengadakan kegiatan Joint Seminar dengan Fakultas Pendidikan International Islamic University Malaysia pada hari Rabu (8/8) bertempat di Lecture Theatre, Kuliyyah of Education IIUM.

Tema yang diangkat pada seminar ini adalah “Psychological Issues from Islamic Perspective and Its Relevance in the Modern Era”. Ada sebanyak 27 judul penelitian yang dipresentasikan, yang kesemuanya karya dari mahasiswa kedua Intitusi UMY dan IIUM. Seminar kali ini menghadirkan keynote speaker, yaitu Assoc. Prof. Dr. Mastura Badzis (IIUM) yang mempresentasikan makalah berjudul “Revisiting Al Ghazali’s Concept of Education and Its Relevance to Contemporary Issues in Psychology of Education”.

Seminar dibuka oleh Dean Kuliyyah of Education IIUM, Prof. Dr. Ismail Sheikh Ahmad. Pada pembukaan seminar, disampaikan bahwa seminar ini bertujuan untuk memfasilitasi kolaborasi penelitian terkait isu psikologi pendidikan terkini dari perspektif Islam dan relevansinya dengan era modern saat ini.

Abdul Madjid selaku Ketua Program Studi Doktor Psikologi Pendidikan Islam UMY menyampaikan bahwa selain keperluan seminar, dalam kesempatan ini juga digunakan untuk melakukan penjajakan kerja sama antara kedua belah pihak. “Dengan terselenggaranya Joint Seminar ini, hubungan baik antara UMY dan IIUM yang telah terjadi sejak lama diharapkan dapat terjalin semakin erat. Jalinan antara dua perguruan tinggi beda negara ini diharapkan mampu menjadi pembuka jalan untuk makin giatnya kolaborasi antar kedua negara khususnya dalam bidang riset dan ilmu pengetahuan,” tutup Madjid.