Sejarah

Era globalisasi dunia saat ini dan masa depan yang ditandai dengan persaingan menuntut kompetensi yang berdaya saing tinggi. Sejumlah kompetensi masa depan dapat diwujudkan melalui pendidikan tinggi yang baik, khususnya jenjang doktor sebagai puncak jenjang pendidikan dengan Capaian pembelajaran (learning outcomes) “mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan/atau seni baru di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji; mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan inter, multi, dan transdisipliner. Untuk mencapai kompetensi tersebut, Program Doktor Universitas Muhammadiyah Yogyakarta dipercaya menyelenggarakan Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam.

Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam UMY  memberikan layanan pendidikan yang bermutu untuk melahirkan doktor yang kompeten dalam bidang psikologi pendidikan Islam. Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam bukan hanya memenuhi akselerasi program pemerintah menghasilkan 7000 doktor, tetapi lebih dari itu, program doktor psikologi Islam UMY menyiapkan para doktor yang kompeten dalam menyelesaikan pelbagai persoalan bangsa, khususnya di bidang pendidikan.

Program Studi Doktor Psikologi Pendidikan Islam didirikan pada tahun 2006. Pendirian Program Doktor ini disahkan oleh Pemerintah berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Departemen Agama RI No.Dj.II/451/2006. Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam ini telah memperoleh akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi dengan Peringkat (Nilai) Akreditasi B dengan Nomor SK BAN-PT: 013/BAN-PT/Ak-IX/S3/XI/2010. Kemudian pada tahun 2016 berhasil mempertahankan Akreditasi Nilai B dengan nomer SK: 1134/SK/BAN-PT/Akred/D/VII/2016.

This post is also available in: en