Delegasi Universitas Muhmmadiyah Yogyakarta (UMY) terus membangun kerjasama dalam rangka mencapai targetnya untuk menjadi Reputable University dengan universitas rank 500 dunia. Pada Selasa (20/3) UMY kembali menjalin kerjasama dengan universitas di luar negeri. Kali ini, UMY menggandeng Autonomous University of Madrid (UAM), Spanyol sebagai mitranya.

Penandatangan Nota Kesepahaman antar kedua universitas tersebut dilakukan di Autonomous University of Madrid yang sekaligus diadakannya seminar ICOAS (International Conference on ASEAN Studies) 1. Kegiatan ini di dukung oleh UMY di Spanyol yang di hadiri oleh Rektor UMY Dr. Ir. Gunawan Budiyanto, MP., dengan didamping oleh Dr. Nano Prawoto, SE, M.Si, Prof. Dr. Achmad Nurmandi, M.Sc, Ir, Nafi Ananda Utama, M.S, Dr. Mukti Fajar ND, S.H., M.Hum, Eko Priyo Purnomo, M. Res, P.hD, serta dihadiri oleh kedutaan besar Republik Indonesia.

Eko Priyo Purnomo, selaku Kepala Lembaga Kerjasama UMY menjelaskan bahwa dalam penandatangan MoU tersebut, kedua pihak sepakat untuk menjalin kerjasama dalam beberapa bidang. “Kerjasama akan mencakup bidang-bidang yang luas, antara lain kolaborasi kampus UMY, kerjasama di bidang penelitian, pengajaran serta staff dan students mobility. Semua bentuk kerjasama tersebut merupakan bentuk komitmen UMY untuk menjadi universitas yang bereputasi internasional,” ungkapnya.

Eko juga menuturkan, bahwa pada bidang kerjasama internasional, peningkatan jumlah MoU dengan berbagai universitas di luar negeri terus dilakukan oleh UMY. Hal ini dilakukan salah satunya dengan meningkatkan jumlah kegiatan International Mobility, baik yang dilakukan oleh mahasiswa (student exchange, internship program, scholarship program), ataupun yang dilakukkan oleh staff UMY (visiting fellow dan joint).

“Penanda tanganan MoU adalah awal dari kesepakatan, dengan adanya kerjasama ini maka UMY dapat berkolaborasi di berbagai bidang, dan mempercepat percapaian UMY sebagai “reputable university”,” tutupnya.