Dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia ke-73, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta melaksanakan upacara bendera bertempat di halaman depan gedung kembar AR Fachrudin, Jumat (17/8) pukul 07.00 WIB. Prosesi upacara berjalan lancar dan khidmat, dengan diikuti oleh para dosen serta mahasiswa UMY.

Nano Prawoto selaku Wakil Rektor UMY bidang Sumber Daya Manusia yang bertugas sebagai inspektur upacara, mengajak kepada seluruh peserta untuk memahami arti pentingnya Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73 ini. Ia menekankan khususnya kepada sivitas akademika UMY untuk bersikap positif dan produktif dalam memaknai hari bersejarah bangsa Indonesia. “Kemerdekaan bermakna positif dan produktif. Kemerdekaan menghasilkan karya yang berguna bagi institusi dan masyarakat luas. Kemerdekaan meraih prestasi akademik bagi dosen dan mahasiswa. Dan juga kemerdekan berekspresi dalam pelayanan akademik yang handal dan profesional oleh karyawan tendik,” ujar Nano dalam pidatonya.

Selain itu Nano juga mengajak generasi penerus pengisi kemerdekaan untuk turut andil dalam memajukan bangsa ini. Beliau menyebutkan beberapa prestasi besar yang telah diraih anak bangsa di kancah internasional, dan tak lupa juga prestasi yang sukses disabet mahasiswa UMY. Seperti Paduan Suara Sunshine Voice UMY berhasil membawa pulang medali emas dan medali perak dalam Festival Paduan Suara Internasional Grand Prix Pattaya di Thailand. Serta Gold dan Silver Medal di Taipei International Choral Competition (TICC).

Tak kalah pentingnya, mahasiswa juga harus berperan dalam bidang sosial. Seperti halnya memberikan bantuan kepada korban gempa bumi yang baru saja menimpa Lombok, NTB. “Kita juga harus berperan dalam membantu saudara-saudara kita di Lombok NTB, baik bantuan finansial, maupun bantuan profesional seperti mengirim Tim asesmen bangunan dan lainnya,” imbuh Nano.

Masih banyak hal yang memerlukan perhatian demi memenuhi arti Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 yang sesungguhnya, khususnya untuk sivitas akademika UMY. Dalam pidato penutup, Nano Prawoto juga memberikan pesan kepada seluruh sivitas UMY. “Marilah kita terus bekerja untuk membangun negara Indonesia melalui riset, pengembangan teknologi, dan pendidikan tinggi kita. Menorehkan prestasi-prestasi yang membanggakan untuk memperkuat rasa bangga dan keyakinan kita pada Indonesia. Teruslah bekerja, teruslah berinovasi, dan teruslah berprestasi,” pungkasnya. (Habibi)