Optimalisasi Layanan Akademik Mahasiswa di Tengah Pandemi Covid 19

October 6, 2021, oleh: superadmin

Pandemi Covid 19 tidak menjadi penghalang untuk memberikan pelayanan yang optimal kepada mahasiswa. Pelayanan akan kebutuhan akademik dapat berikan secara online maupun offline. Dalam memberikan pelayanan tatap muka protokol kesehatan wajib diperhatikan bagi mahasiswa dan pengelola program studi. Sementara itu, layanan berbasiskan online dapat diberikan melalui sistem informasi berbasiskan aplikasi website. Merespon hal ini, program pascasarjana UMY telah meluncurkan SIM layanan akademik berbasiskan website yang beralamat pada: www.layananpasca.umy.ac.id

Layanan akademik online ini memberikan kemudahan mahasiswa dalam memenuhi kebutuhan akademiknya, termasuk didalamnya layanan pendaftaran yudisium. Mahasiswa dengan mudah mengakses dimanapun dan kapanpun dalam mendaftar yudisium di Pascasarjana UMY. Akan tetapi pelayanan ini dirasa kurang optimal dan maksimal digunakan oleh mahasiswa maupun pengelola program studi. Sebagai upaya mengotimalkan pelayanan online ini, Program Pascasarjana UMY menggelar “Refreshing Layanan Pasca” pada Rabu, (6/10) di Ruang Sidang Direktur Pascasarjana Kampus Terpadu UMY. Kegiatan ini menghadirkan narasumber dari Lembaga Sistem Informasi UMY, Bapak Adam dan diikuti seluruh Admin Layanan Prodi dilingkungan Pascasarjana.

Adam menyampaikan hadirnya SIM Layanan Pasca sebagai upaya mempermudah pengelola prodi dalam memberikan pelayanan akademik kepada mahasiswa. Pelayanan akademik seperti surat izin penelitian, keterangan aktif mahasiswa, dan pelayanan pendaftaran yudisium dapat diakses dengan mudah oleh mahasiswa meskipun ditengah kondisi pandemi covid 19. Namun penggunaan layanan oleh mahasiswa maupun pengelola prodi masih kurang dalam memanfaatkan sistem layanan akademik.

“Melihat data penggunaan yang ada disistem layanan, baik mahasiswa maupun pengelola masih minim untuk memanfaatkan sistem online layanan akademik pasca. Admin layanan prodi perlu meningkatkan sosialisasi kepada mahasiswa dengan menyampaikan informasi pada website maupun akun sosial media prodi. Nantinya, diharapkan pelayanan yang diberikan dapat berjalan secara optimal dan maksimal kepada mahasiswa”, tutup Adam. (dep)