Dalam rangka meningkatkan kualitas publikasi karya ilmiah yang dihasilkan oleh para peneliti baik mahasiswa/dosen, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) telah menyelenggarakan Pelatihan Aplikasi Deteksi Plagiasi Turnitin pada hari Selasa, 7 Maret 2017 pk. 09.00 – 12.00 WIB bertempat di Ruang Seminar lantai 4 Gedung Pascasarjana Kampus Terpadu UMY.

Kegiatan pelatihan ini langsung dipandu oleh Jack Brazel yang merupakan Asia Development Manager Turnitin. Pemateri Jack Brazel dari Turnitin’s Asia Development Manager memperkenalkan alat bantu Turnitin sebagai perangkat lunak untuk memeriksa penjiplakan dari suatu tulisan. Alat bantu ini sangat berguna bagi mahasiswa atau peneliti yang akan mempublikasikan karya tulisnya untuk mengurangi penjiplakan yang mungkin ada dalam tulisannya. Selain itu alat bantu ini berguna bagi dosen untuk memeriksa berkas-berkas tugas dari mahasiswa yang mengirimkan tugasnya secara online, untuk memeriksa apakah mahasiswa tersebut melakukan penjiplakan satu sama lain atau mengutip dari karya tulis penulis lain yang sudah terbit tanpa disusun ulang lagi kalimatnya. Pada sesi ini didemonstrasikan secara langsung pengecekan penjiplakan pada suatu karya tulis.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kewaspadaan dan perhatian mengenai plagiat atau penjiplakan. Diharapkan dengan adanya pelatihan dan sosialisasi software pendeteksi plagiasi tersebut proses belajar mengajar menjadi bebas dari plagiasi dan integritas dunia pendidikan Indonesia pun terjaga.