Dosen S3 Psikologi Pendidikan Islam Universitas Muhammadiyah Yogyakarta Berhasil Presentasikan Penelitian di Tennessee University, Chattanooga, USA

November 2, 2023, oleh: superadmin

Pada tanggal 21 Oktober 2023, Prof Muhammad Azhar dan Dr. Halim Purnomo, Dosen Program Doktor (Psikologi Pendidikan Islam UMY) mempresentasikan makalah ilmiah di Tennessee University, Chattanooga, USA. Hasil penelitiannya adalah sebagai berikut:

Tulisan ini bertujuan untuk mengetahui peran mediasi konseling kesehatan mental dalam pengaruh manajemen konseling Islami terhadap kemajuan karir siswa sekolah Indonesia di Jeddah. Data penelitian diperoleh dengan menyebarkan kuesioner kepada orang tua siswa di Indonesia yang menyekolahkan anaknya ke sekolah Indonesia di Jeddah. Purposive sampling dan convenience sampling akan digunakan. Analisis data akan menggunakan Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM) pada model relasional yang diusulkan. Data penelitian diperoleh dari kuesioner kepada orang tua siswa sekolah Indonesia di Jeddah. Metode pengambilan sampel adalah purposive sampling dan convenience sampling. Kajian ini berangkat dari teori tahapan kehidupan yang dimulai sejak dalam kandungan, melalui masa bayi, remaja, dewasa, usia tua, dan kematian.
Tantangan perkembangan harus dihadapi pada setiap tahapan kehidupan manusia. Setiap tugas perkembangan harus berkembang seiring berjalannya waktu dan usia serta tidak boleh diabaikan. Kegagalan untuk menghasilkan ketidakmampuan perkembangan sulit untuk diubah dan dididik ulang. Perubahan manusia meliputi perubahan kualitatif yang disebabkan oleh perubahan psikis dan perubahan kuantitatif yang disebabkan oleh perubahan fisik. Perubahan kualitatif ini kadang-kadang disebut pembangunan, dan perubahan kuantitatif sering disebut pertumbuhan. Topik utama yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana menyikapi atau mempersiapkan generasi siswa sekolah dalam menghadapi perubahan atau perkembangan. Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa secara parsial maupun simultan, konseling manajemen dan bantuan kesehatan jiwa berpengaruh positif signifikan terhadap penguatan karir siswa.
Lebih lanjut, pendampingan kesehatan jiwa dapat memediasi pengaruh manajemen konseling Islami terhadap penguatan karir siswa. Peningkatan penguatan karir siswa melalui program manajemen konseling Islami dapat dilakukan dengan (1) memiliki guru atau tenaga profesional untuk program konseling dan pengobatan siswa. (2) melaksanakan penyuluhan dengan pendekatan spiritualitas keagamaan untuk membina kehidupan siswa yang bermakna, (3) melaksanakan penyuluhan dengan pendekatan spiritualitas keagamaan untuk membina kehidupan siswa yang bernilai, (4) melaksanakan bimbingan siswa dengan menumbuhkan kemampuan beradaptasi, koordinasi dan kerjasama dengan orang lain. (5) melaksanakan konseling dengan nilai-nilai yang dapat memantapkan umat beragama melalui ajaran agama yang dianutnya, (6) melaksanakan konseling terhadap siswa yang berorientasi pada kemampuan menjadi individu yang dapat menerapkan nilai dan fungsi agama dalam kehidupan siswa sehari-hari.
Penelitian ini menemukan bahwa, secara parsial maupun simultan, manajemen konseling Islami dan bantuan kesehatan mental secara signifikan memperkuat karir siswa di Sekolah Indonesia Jeddah. Lebih lanjut, ditemukan juga bahwa bantuan kesehatan jiwa dapat memediasi pengaruh manajemen konseling Islami terhadap peningkatan karir siswa di Sekolah Indonesia Jeddah.
Berdasarkan temuan penelitian, peneliti menyarankan agar penelitian selanjutnya terkait kinerja dapat menggunakan variabel lain yang relevan. Peneliti juga menyarankan untuk melakukan penelitian lebih mendalam untuk mengurangi bias. Selain itu, pengisian kuesioner dapat dilakukan secara langsung dan tatap muka. Penelitian selanjutnya diharapkan menggunakan objek penelitian yang lebih komprehensif karena banyak sekali sekolah Indonesia yang berdiri di luar negeri. Sehingga, peneliti selanjutnya perlu membedah perilaku sosial budaya yang ada di Sekolah Asing Indonesia (SILN) untuk dikaji lebih lanjut. (Azhar, Halim)