Tri Naimah dan Temuannya Tentang Konsep Well-being Pada Guru TK

June 16, 2022, oleh: superadmin

Program Doktor Psikologi Pendidikan Islam (PPI) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) kembali menyelenggarakan Sidang Promosi Doktor. Sidang ini bertujuan untuk mempromosikan hasil temuan promovenda Tri Na’imah (16/06). Dilaksanakan secara blended (campuran), pelaksanaan luring bertempat di Ruang Amphitheater Lantai 4 Gedung Pascasarjana UMY dan luring menggunakan media Zoom Meeting.

Disertasi promovenda berjudul “Workplace Well-being Guru Taman Kanak-kanak (Analisis Variabel Organisasional sebagai Anteseden”. Didalamnya diteliti mengenai sejauh mana konstruk workplace well-being guru taman kanak-kanak dan juga penerapan variabel organisasional pada guru taman kanak-kanak. Penelitian ini menggunakan pendekatan mixed method dengan menggunakan strategi eksploratoris sekuensial, yaitu menggabungkan analisis data kualitatif diawal dan dilanjutkan dengan analisis kuantitatif.

Penelitian ini bermulai dari adanya penelitian-penelitian terdahulu mengenai profesi guru sebagai profesi yang melelahkan, memiliki stressor tinggi. Kegelisahan peneliti juga menganggap bahwa profesi ini bukan hanya mendidik tapi juga harus bertanggung jawab soal kegiatan administrasi dan mendisiplinkan siswa. Ditambah lagi dengan beban kerja yang relatif tinggi. Berdasarkan alasan-alasan tersebut yang kemudian menjadi penghambat guru dalam mencapai well-being atau kesejahteraan di tempat kerja. Atas dasar inilah promovenda melakukan penelitian untuk meneliti workplace well-being karena dapat mempengaruhi kondisi individu saat bekerja.

Adapun hasil temuan yang diperoleh promovenda berhasil membuktikan bahwa pemahaman lebih dalam workplace well-being pada guru TK penting dilakukan dan variabel organisasional juga dapat meningkatkan well-being guru. Lebih dari itu novelty yang ditemukan dalam dimensi workplace well-being di sekolah Islam berupa dimensi emosi, dimensi sosial, dimensi profesional, dan dimensi amal jariyah. Terakhir untuk meningkatkan well-being tersebut perlu pelibatan aspek spiritualitas dan demografi, soal usia dan masa kerja guru.

“Saya memilih sampel penelitian guru yang sudah berpengalaman mengajar di Aisyiyah dengan alasan sudah terinternalisasinya nilai-nilai Muhammadiyah didalamnya, sehingga memudahkan sejauh mana pencarian well-being yang dimaksud. Lebih dari pada itu, meski menggunakan sample TK Aisyiyah, namun saya berharap penelitian ini bisa digeneralisasi di taman kanak-kanak Islam yang lain” jelas Tri.

Sidang Promosi Doktor pada hari ini berlangsung dengan baik, tertib, dan lancar. Akhirnya promovenda Tri Na’imah berhasil lulus dengan predikat pujian (Cum Laude). Susunan Dewan Penguji yang bertugas yakni Dr. Titih Huriah, M. Kep sebagai Ketua Sidang, M. Syifa Amin Widigdo, Ph.D. sebagai Sekretaris. Tim Promotor yaitu Prof. Dr. Heru Kurnianto Tjahjono, MBA. dan Dr. Abd. Madjid, M.Ag. Kemudian Anggota Tim Penguji Utama yakni Prof. Dr. Asmadi Alsa, S.U.,Dr. Khoiruddin Bashori, M.Si., Dr. Risydah Fadilah, M. Psi. Psikolog, dan Prof. Taufik Kasturi, M.Si., Ph.D. Bersamaan dengan ini maka Tri Naimah sah menyandang predikat doktor bidang Psikologi Pendidikan Islam, sekaligus menjadi doktor ke-112 yang telah dihasilkan PPI UMY. (swtzl)